Saturday, April 27, 2013

Musik dan Imajinasi


Musik Eropa adalah untuk suasana Eropa.
Musik lokal adalah untuk suasana lokal
Musik adalah buah imajinasi
dan musik membentuk imajinasi
Saya percaya itu


Saat ini saya mendengar music folk Eropa dengan sedikit irama jenakanya
Dari soundtrack Les Miserables yang baru saya beli minggu lalu
Ini adalah Master of the House yang dinyanyikan oleh Sacha Baron Cohen
Dan Helena Bonham Carter, sebagai pemilik penginapan yang jahat

Namun mau saya lupakan sejenak kebusukan di balik lagu ini
Dan mulai membayangkan suasana Eropa
Yang saya kunjungi satu setengah bulan lalu
Namun baru hari ini akhirnya saya copy beberapa foto
dari kamera teman saya

Sambil melihat foto-foto katedral
dan jalan-jalan paving abu-abu yang lembab
dan tepian penuh pohon meranggas coklat
Yang menjulang ke langit kelabu yang dingin
Serta bangunan kayu atau batu  berkanopi merah dan hijau

Musik ini membuat pikiran saya berkelana lagi
Membayangkan setting lagu ini
Membayangkan sayapun sedang duduk di dalam sana:

Melihat sang pemain piano
Menghentakkan jari jemarinya dengan bertenaga
Dengan leher dimiring-miringkan
Dan wajah menghayati dinamika lagu
Mengiringi seorang penyanyi berwajah jenaka berambut merah
Serta pemain akordeon yang memainkan instrumennya
Sambil menghentak-hentakkan kaki
Beberapa orang bercakap-cakap dalam kelompok kecil
Ada yang mengisap cerutu, ada yang minum bir
Ada yang mengunyah kacang dan keripik
Dalam ruangan berdinding batu potong dan berlantai papan kayu
Dengan beberapa jendela kaca kotak dan berbingkai papan
Yang nampak seperti ceruk kecil di dinding batu kelabu tebal tersebut
Yang berkabut dan berminyak karena asap dari perapian
Ruangan yang berbau kayu dan sedikit susu, keju dan kayu manis
Dan juga berbau tanah basah dan rumput
Sisa tanah dan rumput yang mungkin terbawa
oleh sepatu kulit lusuh para pemakai di dalamnya

Musik pun terus mengalun
Makanan dan minuman masih mengalir
Biskuit jahe dan kayu manis, limun, bir, anggur
Dan bunyi kretakan kayu api di perapian

Sementara itu, langit masih kelabu

Mari lupakan sejenak langit di luar sana 
Lupakan alam yang tak bersahabat
Lupakan dingin yang menggigit kulit

Hangatkan tubuh, hangatkan jiwa
Rapatkan badan ke perapian
Ikut bernyanyi dan bedendang
  

No comments: